Jurnal Sains Riset
Vol 14, No 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano

Masela, Emmy Erwano (Unknown)
Pendong, Dientje F (Unknown)
Tannor, Meity N (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa SMAN 2 Tondano pada  materi sistem klasifikasi makhluk hidup sebesar 75%, karena siswa kesulitan memahami materi yang diberikan guru. Jadi model pembelajaran PBL merupakan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar biologi materi sistem klasifikasi makhluk hidup siswa kelas X SMAN 2 Tondano. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen penelitian ini berupa tes. Subjek penelitian ini ialah 57 siswa SMAN 2 Tondano. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Tondano.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...