Jurnal Sains Riset
Vol 14, No 1 (2024): April 2024

KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR DENGAN MEDIA SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA DI SMAN 1 DELIMA

Hamdi, Hamdi (Unknown)
Zakiah, Zakiah (Unknown)
Ilyas, Ilyas (Unknown)
Mariati, Mariati (Unknown)
Rizki, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

IPA adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di alam, guru yang hanya menjadikan buku sebagai sumber bahan ajar kurang dapat membantu siswa untuk memahami konsep fisika, dibutuhkan suatu media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang kreatif dan inovatif, Salah satu media interaktif adalah media simulasi PhET (Physics education technology) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep materi hukum dasar kimia disekitar kita pada SMAN 1 Delima. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan One- Group Pretest-Posttest Design. Analisis instrumen tes menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa data Post-test kelas eksperimen memiliki thitung ttabelĀ  yaitu 9,08 1,69. Analisis peningkatan pemahaman konsep dengan skor N-Gain yaitu 0,528 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap pemanfaaatan bahan ajar dengan media simulasi pada siswa di SMA Negeri 1 Delima.Kata Kunci : Bahan Ajar, Media Simulasi, Pemahaman konsep

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...