Untuk mendukung pentingnya kegiatan kepramukaan melalui kegiatan kemahbagi pengembangan karakter siswa, maka dibutuhkan wadah yang dapatmemfasilitasinya. Ditemukan bahwa tas existing di pasaran, belum mengakomodasibarang bawaan anak pramuka untuk dipisahkan antara barang yang disimpan di bumiperkemahan, serta barang untuk kegiatan pos per pos. Untuk itu dibutuhkan perancangantas untuk membantu anak sekolah dasar melakukan organisir barangnya ketika mobilisasikegiatan kemah pramuka sekolah. Selama kegiatan, siswa membawa tas kecil untukaktivitas pos per pos saat kemah pramuka. Ditemukan adanya potensi pengembangan taspunggung yang kebutuhan kompartemennya dapat mengakomodasi barang sesuaidengan aktivitas kemah siswa penggalang sekolah dasar. Tujuan perancangan ini yaitumerancang tas backpack yang dapat mendukung anak sekolah dasar berusia 11-13 tahunmeng-organisir dan membawa barang sesuai kebutuhannya selama kegiatan kemahpramuka. Metode yang digunakan adalah Mixed Methods, metode perancanganmenggunakan UCD untuk memfokuskan pada user. Didapat hasil bahwa tas dapatmemenuhi kebutuhan kegiatan tersebut dengan kompartemen yang ada untuk menatakebutuhan anak dalam kegiatan kemah pramuka 2 hari (Studi aktivitas SD PanduBandung). Fasilitas pada backpack membantu anak memobilisasi dan menata barangnyatanpa perlu membongkar isi tasnya untuk keperluan yang segera dibutuhkan.Kata kunci: ransel anak, pramuka, berkemah, sekolah dasar
Copyrights © 2024