eProceedings of Art & Design
Vol. 11 No. 3 (2024): Juni 2024

PERANCANGAN MOBILE GAME UNTUNK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING PADA REMAJA

Avisena, Adrian (Unknown)
Hidayat, Dicky (Unknown)
Yudiarti, Diena (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Pada era Globalisasi ini menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan dan keterampilan hidup, dan karir yang lebih ekstrem sebagai salah satu contohnya yaitu critical thinking. Namun remaja Indonesia selalu berada pada peringkat terendah dalam kemampuan critical thinking, pada abad ini para siswa merupakan generasi digital atau generasi Z, mereka biasa hidup dengan menggunakan komputer, game, ponsel dan alat-alat digital lainnya menyebabkan maraknya pecandu game di kalangan remaja. Pada era digital yang terus berkembang, Game dapat dijadikan sebagai media interaktif alternatif pembelajaran konvensional. Sehingga tujuan dari penelitian ini merancang purwarupa game berbasis android dengan fokus critical thinking. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi lapangan. Konten aplikasi game yang akan dirancang bergenre casual-puzzle sub genre Adventure dengan point-of-view yang digunakan adalah top-Down dan style visual pixel art. Manfaat yang ingin dicapai pada perancangan ini agar mengembangkan kemampuan critical thinking kepada remaja dan menghibur serta memberikan edukasi lewat game. Hasil yang dicapai dalam perancangan ini berupa perancangan purwarupa mobile game android yang berfokus pada critical thinking untuk remaja. Kata Kunci: critical thinking, mobile game, media interaktif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...