Guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Pendidikan dasar (SD) memerlukan pendekatan baru dan menarik agar siswa tetap tertarik dan termotivasi. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang baik antara guru dan siswa adalah dengan menggunakan penguatan. Namun, penting bagi guru untuk memberikan variasi pada saat memberikan penguatan. Kemampuan mengajarkan berbagai macam pelajaran merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pergantian guru pada masa penguatan di sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah model penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai dokumen seperti buku, sumber tertulis, jurnal, dan majalah. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan penguatan yang diberikan guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, guru yang mampu memodifikasi praktik pengajarannya dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan memotivasi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2024