Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran. Perencanaan kurikulum adalah keputusan yang dibuat tentang tujuan belajar beserta strategi dan metode yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan kurikulum yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan SMA Al-Irsyad Satya Kabupaten Bandung barat sebagai salah satu upaya proses pengembangan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada analisis proses pelaksanaan kurikulum di SMA Al-Irsyad Satya. Pengambilan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan SMA Al-Irsyad Satya telah melaksanakan manajemen perencanan kurikulum dengan baik dengan membuat kurikulum Islamic Leadership Program (ILP). Kurikulum dibuat dengan mengikuti alur proses perencanaan kurikulum baru sehingga program ini menjadi program integratif holistik yang sangat sesuai dengan arah pendidikan abad ke-21.
Copyrights © 2024