Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM ISLAMIC LEADERSHIP PROGRAM

Fathurrahman (Unknown)
Ismail Mubarok (Unknown)
Heri Purnama (Unknown)
Jaja Jahari (Unknown)
Mohamad Eri Rahadiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran. Perencanaan kurikulum adalah keputusan yang dibuat tentang tujuan belajar beserta strategi dan metode yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan kurikulum yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan SMA Al-Irsyad Satya Kabupaten Bandung barat sebagai salah satu upaya proses pengembangan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada analisis proses pelaksanaan kurikulum di SMA Al-Irsyad Satya. Pengambilan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan SMA Al-Irsyad Satya telah melaksanakan manajemen perencanan kurikulum dengan baik dengan membuat kurikulum Islamic Leadership Program (ILP). Kurikulum dibuat dengan mengikuti alur proses perencanaan kurikulum baru sehingga program ini menjadi program integratif holistik yang sangat sesuai dengan arah pendidikan abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...