Bioteknologi adalah bidang ilmu yang melibatkan penggunaan organisme hidup, sel, dan sistem biologis untuk mengembangkan teknologi dan produk baru. Salah satu bidang di mana bioteknologi mempunyai potensi untuk memberikan dampak yang signifikan adalah di bidang kesehatan mental. Chat-GPT adalah salah satu alat yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kesehatan mental anak. ChatGPT OpenAI merupakan teknologi mesin berbasis kecerdasan buatan yang dilatih untuk bisa menirukan percakapan manusia menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing). Perkembangan teknologi digital terutama artificial intelligence pada saat ini sudah berkembang sangat pesat dan sudah merambah pada teknologi pembelajaran. Salah satunya adalah berkembangnya Chat GPT yang sudah mulai banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa dan berpengaruh pada tingkat kemandirian mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan Chat GPT pada pembelajaran manajemen pendidikan terhadap kemandirian mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan One-Group Pre-test Post-test Design. Populasi ebanyak 40 orang dan semuanya menjadi sampel. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi Instrumen data menggunakan lembat validitas, lembat observasi dan dokumentasi
Copyrights © 2024