Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SEIMENGGARIS KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

Siti Nurhasyima Syamsuddin (Unknown)
Mustamin (Unknown)
Abdul Wahab (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Pembinaan akhlakul karimah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian peserta didik berlandaskan ajaran agama Islam untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Keberhasilan pembinaan akhlakul karimah pada SMP Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara tidak terlepas dari strategi yang digunakan oleh guru dimana pesan akhlak yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik. Dalam hal ini penulis bermaksud untuk mengungkapkan strategi guru terhadap pembinaan akhlak peserta didik kelas vii di SMP Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Dari latar belakang masalah timbul pertanyaan penelitian, bagaimana strategi yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis (paparan), dan menggunakan instrument atau teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah seorang guru PAI yang aktif melaksanakan pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan akhlak peserta didik ditempuh melalui proses pembelajaran di dalam dan luar kelas, dengan menggunakan berbagai strategi, mulai dari tujuan pendidikan yang menitik beratkan pada pembinaan akhlak, menggunakan metode keteladanan, memberi nasehat, pembiasaan serta hukuman yang mendidik, menggunakan materi yang sesuai dan evaluasi hasil pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...