Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH METODE BIL QOLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI SMP TA’MIRIYAH SURABAYA

Hasani, Muhammad Nidhom (Unknown)
Rodiyah, Siti Kholidatur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan semuanya memiliki peran dalam memastikan bahwa anak-anak muda belajar Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an sepertinya tidak menjadi kegiatan yang banyak diminati oleh banyak murid saat ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan saat ini dalam mengajar Al-Qur'an yang mulai terasa monoton bagi para murid. Metode Bil Qolam adalah salah satu pendekatan dan sumber daya yang dikembangkan untuk mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak. Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui Pengaruh Metode Bil Qolam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al – Qur’an di SMP Ta’miriyah Surabaya. Penelitian ini memakai Pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ta’miriyah Surabaya yang populasinya berjumlah 59 siswa, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis data kuantitatif untuk mempresentasikan hasil penelitian melalui angket. Penulis memakai rumus persentase skor dan menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian ialah, (1) Hasil yang didapatkan dengan rumus presentase. Variabel x (metode bil qolam) mencapai angka sebesar 90,70% dan Variabel y (minat belajar) mencapai angka sebesar 86,32% yang masuk pada rentang 81% - 100%, dikategorikan Sangat Baik. (2) Hasil yang diperoleh dengan rumus pearson product moment, menghasilkan nilai akhir thitung sebesar 0,591 dan hasil konsultasi harga rtabel pada taraf signifikasi 5%, 0,254, bisa ditarik kesimpulan dalam penelitian ini Ha diterima. (3) menguji signifikasi dengan menggunakan rumus thitung. Thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,526 > 1,671. Ditarik kesimpulan Ho ditolah dan Ha diterima artinya Ada Pengaruh Metode Bil Qolam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al – Qur’an di SMP Ta’miriyah Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...