Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGGUNAAN MEDIA HOLOGRAM PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD

Syifa Nabila (Unknown)
Drs. M. Husin, M.Pd (Unknown)
Mislinawati, S.Pdi., M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial adalah sebuah mata pelajaran yang di dalamnya memuat pembelajaran sains dan sosial, yang meliputi kajian tentang alam, teknologi, lingkungan, geografi, sejarah dan kebudayaan. Pada saat melakukan proses pembelajaran IPAS guru belum optimal dalam mengintegrasikan teknologi dan menginovasikan media pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan buku tanpa adanya media yang bisa menarik perhatian peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media hologram dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media hologram pada materi Indonesiaku kaya budaya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 26 orang peserta didik di kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model miles dan huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa melalui penggunaan media hologram pada materi Indonesiaku kaya budaya, terlihat hasil belajar peserta didik sangat memuaskan dengan ketuntasan klasikal peserta didik yaitu 96,1 %, jumlah peserta didik yang tuntas secara individual adalah 25 orang dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas secara individual adalah 1 orang. Penggunakan media hologram dapat membantu peserta didik lebih antusias dan cepat dalam memahami materi Indonesiaku kaya budaya, sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif, menyenangkan dan menjadi lebih bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...