Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR

Nurul Fathin (Unknown)
Intan Safiah (Unknown)
Mislinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Setiap siswa memiliki karakteristik dan keberagaman kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Guru perlu mengetahui kebutuhan belajar siswa sesuai dengan minat siswa, gaya belajar dan kondisi sosial. Asesmen diagnostik non-kognitif dapat membantu guru dalam mengetahui kebutuhan belajar siswa melalui pembagian angket. Asesmen diagnotik non-kognitif dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial, psikologi emosionalnya dan gaya belajar siswa sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Bagaimana Hasil Asesmen Diagnostik Non-Kognitif dalam kurikulum merdeka kelas IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar dan Bagaimana Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Non-Kognitif dalam kurikulum merdeka kelas IV SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar". Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar dengan subjek sebanyak 29 siswa, diperoleh berbagai respon siswa terhadap minat melalui 6 butir pertanyaan, terdapat 18 siswa gaya belajar visual, 7 siswa gaya belajar auditori, 4 siswa gaya belajar kinestetik dan juga diperoleh berbagai respon siswa terhadap kondisi sosial melalui 7 butir pertanyaan. Hasil dari analisis siswa memiliki minat yang berbeda, siswa lebih dominan bergaya belajar visual, siswa mempunyai kondisi sosial yang baik diketahuinya hasil tersebut dapat dijadikan sebagai dasar guru untuk merancang dan memilih pembelajaran berdiferensiasi: konten, proses dan produk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...