Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 5 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Analisis Permasalahan Kualitas Pendidikan Indonesia

Sudrajat, Agung (Unknown)
Juansyah, Eka Zada (Unknown)
Wardah, Farihatul (Unknown)
Andayani, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2024

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui kualitas sistem pendidikan Indonesia yang menyebabkan negara ini tertinggal dibandingkan negara lain. Kondisi saat ini tidak hanya mencakup kekurangan dalam sistem pendidikan tetapi juga tantangan yang signifikan. Metodologi Penelitian: Metode deskriptif kualitatif dan penelitian kepustakaan digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kutipan dan transkrip berdasarkan teori pendidikan Ki Hajar Dewantara. Hasil/Temuan: Dari penelitian, pendidikan Indonesia mempunyai beberapa tantangan yang menghambat kemajuannya menuju tujuan yang diinginkan. Persoalan pendidikan dibedakan menjadi dua kategori, yaitu yang terjadi dalam skala besar (lingkup makro) dan yang terjadi dalam skala kecil (lingkup mikro). Keterbatasan: Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dapat dikaitkan dengan banyaknya permasalahan pendidikan yang dihadapi Indonesia Kontribusi: Penelitian ini bermanfaat sebagai masukan dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran setiap individu untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan maju serta menyiapkan manusia yang berkualitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...