Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 5 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CHANNEL YOUTUBE INSPECT HISTORY TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 8 PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 88 JAKARTA

Fahrul Sulaiman (Unknown)
Budiaman (Unknown)
Hidayath, A.N (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran channel youtube inspect history terhadap minat belajar peserta didik kelas 8 pada mata pelajaran IPS di SMPN 88 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diukur dengan skala likert. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 peserta didik SMPN 88 Jakarta yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistik inferensial dengan menggunakan uji hipotesis antara lain Uji T, Uji F, Uji Koefisien Korelasi, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran channel youtube inspect history terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas 8 di SMPN 88 Jakarta signifikan. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat simultan, berkorelasi, dan positif. Besaran pengaruh kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat 60%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...