Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 6 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS KESESUAIAN KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN DENGAN PRINSIP-PRINSIP DASAR PENDIDIKAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UUD 1945

Laila, Nur (Unknown)
Gusweni, Annisa Ayu Dewi (Unknown)
Salma, Maula (Unknown)
Rohma, Silvia Aidha (Unknown)
Indriyan, Aizka Revalina (Unknown)
Taun, Taun (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan unruk menganalisis kesesuaian ketentuan perundang-undangan dengan prinsip-prinsip dasar pendidikan Indonesia dalam perspektif UUD 1945. Metode yang digunakan adalah penelitian literatur untuk mengetahui dan mempelajari teori-teori yang diambil dari literatur yang ditulis tentang topik studi ini. Hasilnya menunjukkan bahwa Sistem pendidikan nasional didirikan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 menjadi pusat utama yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan target pendidikan nasional yang sebanding dengan prinsip-prinsip dasar pendidikan. Meskipun UU tersebut memberikan kerangka umum, implementasinya memerlukan pemahaman mendalam terhadap prinsip-prinsip filosofis, teoritis, dan sosiologis pendidikan untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran dan pengembangan karakter peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...