Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 7 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN FILSAFAT DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI INDONESIA BAIK SECARA TEORI MAUPUN PRAKTIK

Rusmi, Rusmi (Unknown)
Zulfitria, Zulfitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Studi ini dirancang untuk memperjelas peran filsafat pendidikan dalam dunia pendidikan dan hubungan antara filsafat dan inovasi dalam penerapan filsafat dalam konteks pendidikan di indonesia baik secara teori maupun praktik. Filosofi pendidikan adalah salah satu yang melihat pendidikan sebagai proses memanusiakan siswa, memampukannya untuk mengembangkan dan mewujudkan semua potensi bawaan mereka. Pendidikan memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Penerapan filsafat dalam konteks pendidikan menjadi landasan untuk mengarahkan tujuan, metode, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam proses pendidikan. Dalam konteks Indonesia, adopsi dan adaptasi filsafat sebagai dasar pendidikan memiliki dampak signifikan baik secara teori maupun praktik. Filsafat pendidikan Indonesia mencerminkan pandangan hidup bangsa yang tercermin dalam semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" (Berbeda-beda namun tetap satu). Mengajak pluralitas dan keragaman sebagai nilai fundamental dalam pendidikan, mempromosikan pemahaman lintas budaya dan agama. Penerapan filsafat dalam pendidikan tercermin dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter. Filsafat pendidikan di Indonesia mendorong penggunaan metode pembelajaran yang mengakomodasi kearifan lokal dan tradisional. Hal ini diwujudkan melalui pemanfaatan budaya lokal dalam konteks pembelajaran dan memperkaya proses keberagaman edukasi di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...