Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 7 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Pengembangan Media Edpuzzle Berbasis STEAM Subtema Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya Untuk Sekolah Dasar

Mukhlis, Muhammad Sulton (Unknown)
Kumala , Farida Nur (Unknown)
Triwahyudianto, Triwahyudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Kurangnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran menjadikan faktor utama yang menghambat hasil pembelajaran yang maksimal. Dilain itu, siswa dalam pembelajaran kesulitan memahami materi, sehingga pesan yang disampaikan kurang maksimal. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran video edpuzzle berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan mengetahui tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi media, validasi materi, validasi bahasa, respon guru, respon siswa dan lembar tes pretest, posttest. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil validasi ahli media dengan presentase 97,2%, ahli materi 91,6%, ahli bahasa 86,5%. Hasil respon guru memperoleh 94% dan respon siswa 92,2%. Hasil pretest 60,3%, posttest 85,7% dan N-gain 0,65 dengan kategori perlakuan “Sedang”. Berdasarkan hal tersebut, media edpuzzle berbasis STEAM dapat meningkatkan pemahaman pada proses belajar siswa kelas VI sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...