Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 8 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP UNS ANGKATAN 2020

Fadillah, Nur (Unknown)
I , Dyah Sulistyaningrum (Unknown)
Subarno , Anton (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2020, (2) Pengaruh Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2020, dan (3) Pengaruh Pengenalan lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Angkatan 2020 sebanyak 1.876. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan 330 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji prasyarat analisis yaitu normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas serta uji heteroskedasitas. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP UNS dengan thitung = 4,678 > ttabel = 1,960, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat pengaruh Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP UNS dengan thitung = 5,189 > ttabel = 1,960, maka Ho ditolak dan Ha diterima; dan (3) terdapat pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa FKIP UNS, hal ini dibuktikan dengan Fhitung = 20,780 > Ftabel = 3,82, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...