Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 9 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN OTK KEUANGAN KELAS XII OTKP DI SMK WIKARYA KARANGANYAR

Vesty, Inez Hayu Putria (Unknown)
Sawiji, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran OTK Keuangan kelas XII OTKP di SMK Wikarya karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XII OTKP SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 34 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, proses pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes. Uji validitas data melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat dilihat dari ketuntasan hasil prestasi belajar peserta didik. Prestasi belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 32,35% meningkat menjadi 52,94% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 85,29%. Ketuntasan prestasi belajar peserta didik pada siklus II telah mencapai target awal yang telah ditentukan yaitu sebesar 75%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...