Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar membaca hal, itu didasari oleh kemampuan serta minat baca peserta didik masih sangat kurang. Penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui bagaimana peran guru dan orang tua terhadap motivasi belajar membaca siswa kelas II SD Negeri 2 Matangaji Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui guru dan orang tua terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan metode mengumpulkan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Sedangkan keabsahan data dengan melakukan 4 (empat) kriteri yaitu, derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian.Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dan orang tua terhadap motivasi membaca siswa dilakukan dengan membuat jadwal rutin disetiap hari untuk belajar membaca sebelum jam istirahat dan jam tambahan setelah pulang sekolah dengan pengawasan dari guru kelas II. 2) Orang tua di rumah meluangkan anak untuk bermain dan belajar dengan pengawasan orang tua. Hambatan yang dihadapi guru dan orang tua ialah, mengalami kesulitan pada saat membimbing peserta didik dengan jumlah yang banyak, peserta didik kesusahan dalam menghafal huruf dan sulitnya berkonsentrasi. Kendala yang dihadapi orang tua ketika belajar dirumah yaitu ketika anak sudah bermain HP sulit diatur untuk belajar, belajar dan membaca buku yang membosankan.
Copyrights © 2024