Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar IPA Kelas V SDN Lebakngok Kota Cirebon. Untuk mencpai tujuan itu, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis penelitian Pre-Experimental, yaitu Design dimana pada penelitian ini bukanlah desain eksperimen yang sungguh- sungguh karena bukan hanya variabel dependen yang semata-mata mempengaruhi variabel independent, melainkan ada variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap variabel dependent tersebut karena tidak adanya kelas kontrol dan pemilihan. sampel yang tidak secara random. Populasi pada penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, Sample dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan non probability sampling tipe sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes minat belajar dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif kuantitatif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Minat belajar IPA Sebelum (Pre- Test) Penerapan Model Problem Based Learning Kelas V SDN Lebakngok menunjukan bahwa rata-rata nilai untuk sebesar 65,43 dengan kategori Kurang Baik, (2) Minat belajar IPA Setelah (Post-Test) Penerapan Model Problem Based Learning Kelas V SDN Lebakngok. menunjukan bahwa rata-rata nilai untuk sebesar 84,82 dengankategori Sangat Baik. (3) nilai bahwa thitung (t0) = 4,016 > dari t tabel yakni 1,713. Jadi, H0 di tolak dan Ha di terima, artinya Model Problem Based Learning Terhadap Minat belajar IPA Kelas V SDN Lebakngok. Artinya bahwa dengan penggunaan Model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap Minat belajar peserta didik karena peserta didik akan lebih bersemangat dan mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru, dengan begitu minat belajar peserta didik juga akan meningkat.
Copyrights © 2024