Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Setupatok Kecamatan Mundu melalui penggunaan media puzzle. Media puzzle dipilih karena dapat memvisualisasikan konsep pecahan dengan menggunakan bentuk persegi yang dipotong-potong sehingga membentuk pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Setupatok Kecamatan Mundu yang berjumlah 27 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Selain itu, data observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media puzzle dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai tes siswa dari siklus I ke siklus II. Selain itu, siswa juga menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media puzzle, dimana siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Setupatok Kecamatan Mundu. Disarankan bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik guna meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024