Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMCOT

Meliana, Meliana (Unknown)
Mislinawati, Mislinawati (Unknown)
Tursinawati, Tursinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Implementasi kurikulum Merdeka baru saja diterapkan di SD Negeri 2 Lamcot khusunya di kelas IV B. Dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila khusunya dalam proses pembelajaran tentunya masih terdapat permasalahan yang ditemukan, seperti keterbatasan pemahaman yang dimiliki oleh guru terkait konsep dan implementasi profil pelajar Pancasila, serta kurangnya integrasi materi dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila menyebabkan kurang mantapnya pendidikan karakter pada peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga terjadi perbuatan menyimpang seperti melanggar aturan sekolah, bullying, berani melawan guru, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV B dan peserta didik kelas IV B yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 2 Lamcot sebagian besar sudah terlaksana dengan baik dalam beberapa aspek dimensi profil pelajar Pancasila yaitu dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, dimensi bergotong royong, dan dimensi kteatif. Namun, dalam aspek dimensi mandiri dan beberapa elemen dari dimensi lainnya yaitu dimensi berkebinekaan global pada elemen mengenal budaya dan dimensi bernalar kritis pada elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hal ini menunjukkan perlunya evaluasi dan pengembangan strategi pembelajaran untuk memastikan bahwa semua dimensi profil pelajar Pancasila dapat di kembangkan secara optimal pada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...