Manajemen Diri merupakan keterampilan dalam mengatur semua unsur kemampuan pribadi, mengendalikan kemampuan untuk mencapai hal-hal yang baik, dan mengembangkan berbagai segi dari kehidupan pribadi agar lebih sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil manajemen diri menggunakan teknik propotional random sampling dalam meningkatkan manajemen diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah siswa kelas VIII SMPN Kecamatan Saketi berjumlah 558 siswa kemudian diambil Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN Kecamatan Saketi berjumlah 233. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket manajemen diri yang disusun oleh peneliti Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN Kecamatan Saketi dengan jumlah total 233 siswa dengan kategorisasi sedang rendah dan tinggi hal ini menunjukan bahwa 156 orang dengan presentase (67%) bearada pada kategori sedang dan 93 orang siswa dengan presentase (40%) berada pada kategori tinggi kemudian 16 orang siswa dengan presentase (7%) berada pada kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen diri Siswa Kelas VIII SMPN Kecamatan Saketi umumnya berada pada kategori sedang.
Copyrights © 2024