Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pengaruh status ekonomi keluarga terhadap minatmelanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (2) mengetahui pengaruh prestasi akademik terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (3) mengetahui pengaruh lingkungan teman sebayaterhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruantinggi; (4) mengetahui pengaruh status ekonomikeluarga, prestasi akademik, dan lingkungan temansebaya secara bersama-sama terhadap minatmelanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdeskriptif dengan sampel sebanyak 188 siswa kelasXII SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penentuan sampel menggunakan teknik pengambilan yaitu teknikproportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian. Uji prasyarat pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, analisis korelasi parsial (uji T), statistik f (uji F), analisis koefisien determinasi (R2), sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Teknik analisis data menggunakan bantuan softwareIBM spss versi 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa; (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status ekonomi keluarga terhadap minatmelanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal inidibuktikan dengan nilai thitung (3,589) > ttabel(1,972); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi akademik terhadap minat melanjutkanpendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (4,843) > ttabel (1,972); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkunganteman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikanke perguruan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilaithitung (2,772) > ttabel (1,972); (4) terdapat pengaruhstatus ekonomi keluarga, prestasi akademik, dan lingkungan teman sebaya secara bersama-samaterhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruantinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (125,341> Ftabel (2,653). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 67,1%, sedangkan sisanya sebesar 32,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Copyrights © 2024