Penggunaan multimedia Microsoft PowerPoint dalam pembelajaran sangat menarik bagi anak usia dini dan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan mitigasi gempa pada anak usia 5-6 tahun. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis Microsoft Power Point untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi gempa bumi anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design serta bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas Green B TK Alphabet Kelurahan Nagarawangi Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan hasil rata-rata penilaian pretest dan post-test, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-Test. Berdasarkan hasilnya uji signifikansi diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint secara efektif meningkatkan pengetahuan anak usia 5-6 tahun TK Alphabet Tasikmalaya tentang mitigasi gempa bumi. Hal ini dilihat dari meningkatnya rata-rata pengetahuan anak usia 5-6 tahun tentang mitigasi gempa bumi sesudah penerapan multimedia interaktif berbasis Microsoft PowerPoint.
Copyrights © 2024