Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensonal yang kurang melibatkan aspek visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SD Negeri 105337 Pantai Labu Pekan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Dalam penelitian ini perlakuan yang diberikan berupa penggunaan media pembelajaran Media Gambar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Di SD Negeri 105337 Pantai Labu Pekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada hasil uji pretest kelas eksperimen dapat dilihat dengan nilai rata-rata 43,92 dan setelah melakukan uji posttest kelas eksperimen dengan menggunakan media gambar mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 81,07. Sedangkan nilai pretes pada kelas kontrol di dapat rata-rata 39,83 dan nilai postes 66,96. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat mempengaaruhi hasil belajar IPA dengan hasil f sebesar 17,641 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p< 0,05), serta memiliki koefisien regresi sebesar 0,000.
Copyrights © 2024