Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN CACAH FASE B SEKOLAH DASAR

Putri, Shafanissa Aulia (Unknown)
Heryanto, Dwi (Unknown)
Sutaryo, Meta Aisyah Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Pendidikan dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membangun fondasi kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial peserta didik, di mana matematika memainkan peran krusial dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan pemecahan masalah. Namun, di SD Negeri Kota Bandung, hanya 40% peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan belajar pada materi bilangan cacah. Banyak peserta didik merasa matematika membosankan, sulit, dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) diterapkan, dengan tujuan menghubungkan materi pelajaran dengan identitas budaya peserta didik, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih relevan dan bermakna. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan hasil belajar bilangan cacah di kelas V SD. Metodologi penelitian melibatkan observasi, wawancara, dan analisis hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Culturally Responsive Teaching (CRT) secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep bilangan cacah dan minat peserta didik terhadap matematika, dengan persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari 26% pada pra-siklus menjadi 86% pada siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Oleh karena itu, penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) sangat dianjurkan untuk pengajaran matematika di kelas V SD, karena pendekatan ini tidak hanya memperbaiki hasil belajar peserta didik secara berkelanjutan, tetapi juga meningkatkan relevansi materi dengan konteks dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini mendukung pengembangan metode pengajaran yang lebih inklusif dan relevan, serta membuka peluang untuk penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) di sekolah-sekolah lain

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...