Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh micro teaching terhadap kemampuan mengajar PLP mahasiswa PAP FKIP UNS, (2) pengaruh bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar PLP mahasiswa PAP FKIP UNS, (3) pengaruh micro teaching dan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PAP FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi PAP FKIP UNS angkatan 2020 sejumlah 67 mahasiswa, dan sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji asumsi klasik yang dilakukan berupa uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, sedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan micro teaching terhadap kemampuan mengajar PLP mahasiswa PAP FKIP UNS ditunjukkan oleh koefisien regresi 2,604 dan nilai sig. 0,011. 2) terdapat pengaruh positif tidak signifikan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PLP mahasiswa PAP FKIP UNS ditunjukkan oleh koefisien regresi 0,994 dan nilai sig. 0,324. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan micro teaching dan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar PLP mahasiswa PAP FKIP UNS ditunjukkan dengan koefisien regresi 5,635 dengan nilai sig. 0,000.
Copyrights © 2024