Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan deskripsi tentang pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode An-Nahdliyah di RA Nurul Haq Kalisabuk serta faktor pendukung keberhasilan pembelajaran. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dilakukan untuk menen-tukan tujuan, metode, materi, media, dan penilaian. Pembelajaran dilaksanakan secara sorogan dan klasikal. Sorogan dilakukan sebelum pembelajaran inti dengan kurun waktu 30 menit setiap hari, adapun klasikal dilakukan setiap hari Jum’at. Penilaian pembelajaran berorientasi kepada penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan pada saat pembelajaran menggunakan buku setoran membaca al- Qur’an. Adapun penilaian hasil dilakukan pada akhir semester memuat deskripsi kemajuan belajar peserta didik. Faktor mendukung keberhasilan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode An-Nahdliyah adalah faktor ustadz, peserta didik, dan miliu belajar.
Copyrights © 2017