Kemampuan berbahasa merupakan salah satu bidang-bidang perkembangan anak usia dini yang tidak dapat dielakkan. Manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari interaksi antar satu dengan lainnya menggunakan bahasa atau simbol-simbol tertentu. Di samping itu, penggunaan bahasa tidak terlepas dari nilai-nilai karakter yang terlepas dari budaya. Bahasa Arab tergolong bahasa unik dan kompleks dalam mempelajarinya. Pembelajaran bahasa Arab anak usia dini perlu diformulasikan sedemikian rupa agar tercapai sesuai tujuan yang diinginkan. Adanya perencanaan, langkah, dan sarana pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Perencanaan pembelajaran disajikan sedemikian rupa mengikuti pendekatan pembelajaran secara tematik.Pengenalan kosakata bahasa Arab menjadi kemampuan awal yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan dalam kegiatan awal pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat menggunakan pendekatan permainan, metode bernyanyi, menggambar, bercerita, dan pola tanda. Adapun sarana, guru menggunakan alat peraga edukatif yang dapat menumbuhkan motivasi dan keingintahuan anak untuk mengenal beberapa kosakata berbahasa Arab.
Copyrights © 2020