Abstrak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memiliki peran penting dalam perekonomian, Desa Rancamanggung. Namun, tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM seringkali terkait dengan rendahnya nilai jual produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan inovasi dalam pengelolaan UMKM melalui pelatihan 3P (Produksi, Pengemasan, dan Pemasaran) guna meningkatkan nilai jual produk. Pendekatan ini dilakukan dengan memberikan inovasi yang komprehensif kepada pelaku UMKM tentang teknik produksi yang efisien, strategi pengemasan yang menarik, serta pemasaran yang efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan 3P secara signifikan mampu meningkatkan kualitas produk, daya tarik konsumen, dan pada akhirnya meningkatkan nilai jual produk UMKM. Inovasi pengelolaan ini diharapkan dapat menjadi model yang berkelanjutan untuk memperkuat daya saing UMKM di pasar yang lebih luas. Kata kunci : UMKM, Inovasi, Produksi, Pengemasan, Pemasaran Abstract MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) have an important role in the economy of Rancamanggung Village. However, the challenges faced by MSME actors are often related to the low selling value of the products produced. This study aims to examine and develop innovations in MSME management through 3P training (Production, Packaging, and Marketing) to increase product selling value. This approach is carried out by providing comprehensive innovations to MSME actors about efficient production techniques, attractive packaging strategies, and effective marketing. The results of this study indicate that 3P training can significantly improve product quality, consumer appeal, and ultimately increase the selling value of MSME products. This management innovation is expected to be a sustainable model to strengthen the competitiveness of MSMEs in the wider market. Keywords: MSMEs, Innovation, Production, packaging, Marketing, sale value
Copyrights © 2024