Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 9 No 2 (2023): Juli 2023

PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 Tahun

Roza, Mila (Unknown)
Ismet, Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya media powerpoint interaktif pohon angka terhadap kemampuan berhitung anak di TK Tunas Murni Batu Taba Ampek Angkek Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes perbuatan, sementara pengambilan data dan sampel menggunakan metode area sampling. Populasi yang menjadi fokus penelitian adalah seluruh peserta didik TK Tunas Murni Batu Taba Ampek Angkek Agam, yang berjumlah 32 anak. Sampel penelitian ini terbagi menjadi 16 kelas Shafa dan 16 kelas Marwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen menggunakan media powerpoint interaktif pohon angka, rata-rata nilai kemampuan berhitung adalah sebesar 18,31. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan kartu angka memperoleh rata-rata nilai sebesar 14,25. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,01 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint interaktif pohon angka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung anak di TK Tunas Murni Batu Taba Ampek Angkek Agam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...