Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 10 No 1 (2024): Januari

PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI ULAR NAGA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK SABBIHISMA 2 ULAK KARANG

Wulandary, Zyiva (Unknown)
Marlina, Serli (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan modifikasi ular naga terhadap kemampuan sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Secara keseluruhan terlihat bahwa kemampuan sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang mengalami keterlambatan dari segi kemampuan sosialnya dapat dilihat bahwa rendahnya kemampuan sosial pada anak dan harus dikembangkan. Misalnya anak tidak mau bersosialiasi dengan teman, tidak mau berbagi, dan tidak punya empati terhadap temannya. Metode penelitian yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh anak tk sabbihisma 2 ulak karang dan sampel yaitu kelas B1 dan B3 masing-masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Selanjutnya kemampuan sosial pada anak dikelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pre-test) sebesar 17,9 dan pada (post-test) setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen meningkat 29,2. Hasil dari kelas kontrol 17,6 lalu kemudian dilakukan pos-test sebesar 27,3 dengan nilai sig (2-tailed) 0,037 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan modifikasi ular naga terhadap kemampuan sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...