Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pada anak usia 4-5 tahun dalam mengenal konsep matematika. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan alat permainan edukatif smart geoboard dalam mengenalkan matematika kepada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Kartini Kabupaten Kerinci. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain quasi eksperimen, sampel diambil secara cluster sampling yaitu kelas A1 dan A2, masing-masing 24 anak. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dengan SPSS versi 29.0 menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05. Hasilnya, terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan rata-rata post-test 42,4 dan kelas kontrol 39,6, menunjukkan pengaruh positif penggunaan smart geoboard terhadap pengenalan matematika anak usia 4-5 tahun.
Copyrights © 2024