Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi implementasi model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa di MAN 1 Makassar. Melalui riset kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, diskusi terstruktur, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X selama periode 12–18 Desember 2024. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Aktivitas pembelajaran yang meliputi eksplorasi, diskusi kelompok, dan refleksi membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendorong partisipasi aktif mereka. Guru berhasil menerapkan sintaks model pembelajaran inkuiri secara terstruktur, menciptakan suasana belajar yang interaktif dan mendukung. Respon siswa mengindikasikan bahwa pendekatan ini menjadikan pembelajaran matematika lebih menarik dan relevan, sehingga memotivasi mereka untuk belajar lebih mendalam. Temuan ini mengonfirmasi bahwa model pembelajaran inkuiri adalah metode yang efektif dalam mendukung keberhasilan pembelajaran matematika, terutama dalam membangun minat dan motivasi siswa secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025