Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 3 No. 2 (2025): Juni

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran (Laps-Heuristik) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas II SDN 09 Tanjung Arak

Hairunnisa (Unknown)
Asep Eka Nugraha (Unknown)
Linda Dwi Saputri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristikterhadap kognitif siswa pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen, jenis penelitian pre eksperimental designs one group pretess-posstest designs Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel yaitu 25 siswa kelas II SDN 09 Tanjung Arak. Instrument penelitian yaitu (1) observasi adalah teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan cara melihat langsung ke lapangan memperoleh data, (2) wawancara dilakukan dengan guru kelas untuk memperoleh informasi mengenai masalah yang ada saat pembelajaran, (3) tes tertulis merupakan alat penilaian berupa pretess dan posstest. hasil output uji paired sample t test menunjukan peningkatan signifikan ( sig.0,000

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURPENDIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURPENDIS: Journal of Islamic Basic Education aims to develop and disseminate science and technology through scientific research articles and reviews through review articles (meta-analysis) as an effort to enrich knowledge in the field of education and teaching in basic education. This journal ...