Journal Sport Science Indonesia (JASSI)
Vol 3 No 3 (2024): Journal of Sport Science Indonesia

Survei Keterampilan Teknik Dasar Menggiring dan Menendang dalam Permainan Sepakbola Fase D

Yoga Pramudya Wardana (Unknown)
Dona Sandy Yudasmara (Unknown)
Zihan Novita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2024

Abstract

Dalam permainan sepakbola terdapat keterampilan dasar yang cukup kompleks dan keterampilan dasar ini perlu dipelajari dan dikuasai oleh siswa terutama siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), maka perlu diberikan pembelajaran secara intensif supaya siswa dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik dan benar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi keterampilan gerak menggiring dan menendang bola dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan gerak menggiring dan menendang bola dalam permainan sepakbola. Analisis data penelitian pada penelitian yang akan dilakukan meliputi analisis data kuantitatif dengan hasil presentase menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian adalah jumlah peserta didik (N) adalah 68, dengan hasil rata-rata presentase penilaian keterampilan gerak menggiring bola termasuk dalam kategori baik dengan perolehan presentase siswa putra sebesar 39% dan siswa putri sebesar 44%, dan hasil rata-rata presentase penilaian keterampilan gerak menendang bola termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan presentase siswa putra sebesar 47% dan siswa putri sebesar 50 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan gerak menggiring dan menendang bola siswa kelas VII tergolong pada kondisi cukup baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Sport Science Indonesia (JASSI) is under publishment of the Universitas Riau. It is a scientific journal focusing on Sport Education, Physical Education, Sport Coaching, Sports Psychology, and Sports Tourism. It provides a publishing platform for scientists and academicians to share, ...