Workshop pelatihan pembuatan presensi digital Bard (Barcode Absensi Ringkas Digital) bagi guru sekolah dasar adalah sebuah inisiatif untuk mengenalkan dan mengimplementasikan teknologi dalam pencatatan kehadiran siswa. workshop ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan tersebut dalam meningkatkan efisiensi administrasi sekolah dan keakuratan data kehadiran. Metode pelatihan yang digunakan mencakup pengenalan konsep presensi digital, demonstrasi penggunaan aplikasi presensi, serta praktik langsung dalam penggunaannya dan pendampingan secara continue. Workshop ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai 19 guru sekolah dasar yang mengikuti pelatihan. Temuan utama menunjukkan bahwa pelatihan 90 % berhasil meningkatkan pemahaman guru terhadap teknologi presensi digital. Terdapat 85% peningkatan dalam kemampuan menggunakan aplikasi presensi digital dengan tepat, yang secara positif mempengaruhi efisiensi waktu dan akurasi data kehadiran siswa. Pemahaman melalui pendampingan secara continui dapat menigkatkan kemahiran dalam penguasan digital literasi sebagai langkah penting dalam mendukung modernisasi administrasi sekolah dan meningkatkan efektivitas pendidikan serta mendukung pembelajaran yang lebih terstruktur dan efisien di lingkungan pendidikan dasar
Copyrights © 2024