Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital dan inovasi produk terhadap pendapatan UMKM di Kota Kediri. Transformasi digital yang berkembang pesat mendorong pelaku UMKM untuk beradaptasi dalam mengelola bisnis mereka. Pada era transformasi digital saat ini, penggunaan teknologi menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama bagi UMKM yang berperan sebagai pilar perekonomian lokal. Di samping itu, inovasi produk juga sangat diperlukan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan memenuhi permintaan pasar yang berubah-ubah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden pelaku UMKM yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis linier berganda, uji validitas, reliabilitas, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi digital dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Kediri. Hasil ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat pemanfaatan teknologi digital dan semakin inovatif produk yang dihasilkan, maka akan semakin besar pendapatan yang diterima oleh pelaku UMKM
Copyrights © 2025