PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 6 No. 1 (2024): FEBRUARY

Strategi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pola Pikir Digital, Computational Thinking, Berbasis Teknologi Informasi pada Pembelajaran PAI

Kharisma, Nadya Putri (Unknown)
Abdul Karim Mantau, Burhanudin (Unknown)
K. Manoppo, Yanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengadopsi Teknologi Informasi (TI) sebagai menjadi sarana efektif dalam membentuk pola pikir digital dan computational thinking pada siswa. Integrasi TI dalam pembelajaran PAI menciptakan pengalaman belajar yang menarik, meningkatkan pemahaman konsep agama Islam, dan mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan kreatif dalam konteks era digital. Penerapan strategi pembelajaran seperti integrasi teknologi, pembelajaran kolaboratif, pemecahan masalah, literasi digital, dan penilaian formatif memungkinkan siswa mengasah kemampuan berpikir yang penting dalam dunia digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research dengan fokus pada jurnal dan buku tentang strategi guru dan pemikiran computatinal thingking. Hasil Penelitian menunjukan Guru PAI memiliki peran kunci dengan terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya dalam mengintegrasikan TI dalam pembelajaran. Dukungan dari sekolah dan pemerintah, melalui pelatihan, sumber daya, dan pedoman, menjadi esensial untuk memastikan efektivitas pembelajaran PAI berbasis TI. Dengan demikian, pembelajaran PAI berbasis TI menjadi alat yang kuat untuk membentuk siswa sebagai individu yang kompeten dalam berpikir digital dan siap menghadapi tuntutan dunia digital yang terus berkembang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...