PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 6 No. 2 (2024): AUGUST

Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dan Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo

Kasidi (Unknown)
Kasidi, Nanang Wijaya Ma'shum (Unknown)
Podungge, Mariaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Implementasi Integrasi Pembelajaran   al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan   Tahsin  Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo. Untuk mengetahui dan mengkaji kendala dan solusi Implementasi Integrasi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dan Program Unggulan   Tahsin  Tahfidz Peserta Didik di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo.  Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan taknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan tahapan pengumpulan data melaui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan teknik cuplikan yang bersifat selektif (purpostif sampling) dalam hal ini peneliti akan memilih informan yang dipandang paling tahu, sehingga kemungkinan pilihan informan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data. Dalam penelitian ini  hasil yang diperoleh mengenai pembahasan tentang Integrasi Pembelajaran Alqur’an Hadis dan Program Unggulan Tahsin Tahfidz Di MTs Darul Mubin Kota Gorontalo, di mana program unggulan ini dilaksanakan selain sebagai upaya dalam meningkatkan dan mempertahankan status akreditasi unggul (A) yang sudah diraih oleh MTs Darul Mubin ini dua kali berturut-turut, juga dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas  ouput lulusan nya, sehingga para peseta didik yang melaksanakan pembelajaran di MTs ini nantinya mereka menjadi generasi unggul, generasi muslim yang kompetitif memiliki kompetensi kognitif, afektif dan psikomotik yang handal, para tenaga pendidik sudah secara maksimal dalam memberikan pembimbingan  dalam pelaksanaan program  unggulan Tahsin dan Tahfidz samapai pada pemberian evaluasi dan menilai terhadap para peserta didiknya yang dimasukkan pada kolom program ekstra kurikuler untuk dimasukkan pada nilai Raport Digital Madrasah (RDM)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...