Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 6 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

PENGARUH PERSEPSI KEINGINAN DAN PERSEPSI KELAYAKAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA

Azhari, Mayang Syifa (Unknown)
Eryanto , Henry (Unknown)
Usman , Osly (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Berlandaskan teori Shapero tentang Entrepreneurial Event Model, penelitian ini menekankan bahwa intensi untuk berwirausaha tidak hanya dipengaruhi oleh faktor eksternal, melainkan juga oleh persepsi internal individu mengenai keinginan dan kelayakan dalam memulai usaha. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), melibatkan 122 responden yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik persepsi keinginan maupun persepsi kelayakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...