Project based learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Tombatu pada materi tekanan hidrostatis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan desain non equivalent pretest posttest control group design yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal essay test, penilaian proyek menggunakan rubrik. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen yang diberi perlakuan project based learning didapatkan hasil penilaian rubrik kinerja proyek yaitu pada penilaian persiapan alat dan bahan sebanyak 85%, rancangan 90%, Bentuk fisik 90%, Inovasi alat 85%, pengelola dan penyajian data 90%, laporan proyek 75%, dengan nilai rata-rata pada penilaian proyek sebanyak 85,8% , sehingga dalam hal ini masuk dalam kategori sangat baik. Kemudian dilakukan analisis statistik berupa analisis uji T (Independent sampel t-test) yang menunjukan hasil belajar siswa dikelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024