SOSCIED
Vol 7 No 2 (2024): SOSCIED - November 2024

METODE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR: TINJAUAN LITERATUR PADA MATA PELAJARAN IPS (5 TAHUN TERAKHIR)

Sriayu, Sriayu (Unknown)
Souisa, Haryo Franky (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan aspek krusial yang menentukan keberhasilan pendidikan1. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah metode time token, yang memberikan penghargaan berupa token atas partisipasi siswa2. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan sistematis terhadap literatur mengenai penerapan metode time token dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) selama lima tahun terakhir3. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa metode time token efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa4. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai jenis time token yang digunakan, seperti kupon bicara dan media pembelajaran, serta cara implementasinya di kelas. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru, siswa, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keywords : time token, keaktifan belajar, ilmu pengetahuan sosial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsoscied

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal SOSCIED merupakan salah satu Jurnal Publikasi Ilmiah hasil penelitian bidang Sosial, Sains dan Pendidikan yang berasal dari hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, guru, dosen, dan pengkaji dalam disiplin ilmu Sosial, Sains dan Pendidikan. Jurnal ...