SOSCIED
Vol 7 No 2 (2024): SOSCIED - November 2024

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN ENERGI MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ADVENT TANAH PUTIH

Heru, Christine (Unknown)
Londa, Treesje K (Unknown)
Rampengan, Alfrie M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Energi mekanik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest. Teknik sampling menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan diperoleh dari nilai pretest dan postest pada tes hasil belajar siswa. Selanjutnya dianalisis dengan uji normalitas dan hipotesis (uji-t). Perolehan nilai rata-rata untuk pretest 38,96 dan posttest 75,00. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif dikarenakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mnjadi lebih baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsoscied

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal SOSCIED merupakan salah satu Jurnal Publikasi Ilmiah hasil penelitian bidang Sosial, Sains dan Pendidikan yang berasal dari hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, guru, dosen, dan pengkaji dalam disiplin ilmu Sosial, Sains dan Pendidikan. Jurnal ...