Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Energi mekanik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest. Teknik sampling menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan diperoleh dari nilai pretest dan postest pada tes hasil belajar siswa. Selanjutnya dianalisis dengan uji normalitas dan hipotesis (uji-t). Perolehan nilai rata-rata untuk pretest 38,96 dan posttest 75,00. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif dikarenakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mnjadi lebih baik
Copyrights © 2024