Sciening : Science Learning Journal
Vol. 5 No. 1: Juni 2024

Implementasi Media Pembelajaran Web-blog Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Mokalu, Yohanes Bery (Unknown)
Arundaa, Rillya (Unknown)
Lahinta, Fitria Claudya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX SMP Kristen Motoling dengan memanfaatkan media pembelajaran web blog model project based learning pada mata pelajaran IPA dengan materi sistem reproduksi. Kurangnya keterampilan siswa dalam memahami, mengembangkan pemikiran, memecahkan permasalahan, dan melaksanakan project secara tidak langsung mengakibatkan rendahnya hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting bagi kehidupan siswa di era digital. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 orang siswa yang diterapkan pada dua siklus pembelajaran yang didalamnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif, hasil analisis data menggambarkan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meningkat. Peningkatan itu tergambar dari meningkatnya ketuntasan klasikal tiap siklus yang diuji dengan soal-soal berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi, dari rata-rata 55 pada siklus I menjadi 70 pada siklus II, dan menjadi 88 pada siklus III, dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I (10 orang), siklus II (14 orang), dan siklus III (19 orang). Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran web-blog model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...