Supervisi akademik telah berkembang menjadi mekanisme strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis secara sistematis peran supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kinerja guru, dan hasil pembelajaran berdasarkan studi-studi yang terindeks dalam database SINTA selama periode 2015–2025. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis (Systematic Literature Review/SLR) dengan mengikuti tahapan identifikasi, seleksi, uji kelayakan, dan analisis terhadap sepuluh artikel ilmiah yang memenuhi kriteria. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengawasan akademik berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas pendidikan, kinerja guru, profesional guru dan mutu pembelajaran. Pendekatan supervisi yang suportif, kolaboratif, dan berkelanjutan terbukti mampu mendorong pengembangan kompetensi guru secara menyeluruh, mencakup aspek pedagogis, profesional, sosial, dan personal. Implikasi temuan ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas kepala sekolah sebagai supervisor akademik, integrasi hasil supervisi ke dalam sistem pengembangan karier guru, serta pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung efektivitas supervisi. Dengan demikian, supervisi akademik dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai instrumen reformasi pendidikan yang berkelanjutan untuk mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran di satuan pendidikan di seluruh Indonesia.
Copyrights © 2025