Borneo Journal of Islamic Education
Vol 5 No 2 (2025): Borneo Journal of Islamic Education, 5 (2), November 2025

Peran Peran Supervisi Akademik: Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kinerja Guru, dan Hasil Pembelajaran Tinjauan SINTA

Nabila, Alifah Biggum (Unknown)
Sianipar, Benny Haposan (Unknown)
Ambiyar, Ambiyar (Unknown)
Usmeldi, Usmeldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Supervisi akademik telah berkembang menjadi mekanisme strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis secara sistematis peran supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kinerja guru, dan hasil pembelajaran berdasarkan studi-studi yang terindeks dalam database SINTA selama periode 2015–2025. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis (Systematic Literature Review/SLR) dengan mengikuti tahapan identifikasi, seleksi, uji kelayakan, dan analisis terhadap sepuluh artikel ilmiah yang memenuhi kriteria. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengawasan akademik berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas pendidikan, kinerja guru, profesional guru dan mutu pembelajaran. Pendekatan supervisi yang suportif, kolaboratif, dan berkelanjutan terbukti mampu mendorong pengembangan kompetensi guru secara menyeluruh, mencakup aspek pedagogis, profesional, sosial, dan personal. Implikasi temuan ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas kepala sekolah sebagai supervisor akademik, integrasi hasil supervisi ke dalam sistem pengembangan karier guru, serta pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung efektivitas supervisi. Dengan demikian, supervisi akademik dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai instrumen reformasi pendidikan yang berkelanjutan untuk mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran di satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bjie

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Islamic Education (e-2775-6548) is the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Islamic Education is ...