Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi in house training pada program sekolah penggerak untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di sebuah sekolah yang telah terpilih menjadi sekolah pelaksana program sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik yaitu mengecek dan memverifikasi ulang data yang telah diperoleh peneliti dari berbagai sumber ketika wawancara serta dengan berbagai teknik yang digunakan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, narasumber/komite pembelajaran, dan peserta IHT (guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan melalui beberapa tahapan yakni analisis kebutuhan IHT, desain kegiatan IHT, dan pengembangan bahan pelatihan. Pada pelaksanaan IHT menggunakan sistem in-on-in dengan pendekatan andragogi dan mengacu pada rundown kegiatan yang telah dibuat saat perencanaan. Monitoring dan evaluasi IHT terbagi menjadi 2 yakni monev pembelajaran dan monev penyelenggaraan.
Copyrights © 2024