El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
Vol 4, No 1 (2024): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam)

PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN ABON SAPI SALAKOPI CIANJUR)

Wildan, Cep (Unknown)
Djogo, Y Ony (Unknown)
Nurmartiani, Erika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

ABSTRAKPerkembangan teknologi menghasilkan sarana yang semakin canggih, yang dapat digunakan sebagai media dalam pengembangan usaha bisnis dan peningkatan standarisasi kualitas produk yang berorientasi pada kepercayaan pelanggan. Bentuk integrasi teknologi tersebut adalah dalam praktik pemasaran menggunakan strategi pemasaran digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap kepercayaan pelanggan Abon Sapi Salakopi Cianjur Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode destriptif dan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, studi pustaka dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang konsumen Abon Sapi Selakopi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu IMB. SPSS versi 22. Berdasarkan uji t, uji F dan uji R2 disimpulkan bahwa secara parsial variabel pemasaran digital berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t (parsial) variabel pemasaran digital diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (6,857 > 1,939) dengan nilai signifikansi lebih kecil pada 0,05 (0,000 < 0,05) dan uji t (parsial) variabel kualitas produk diperoleh thitung lebih kecil dari pada ttabel (2,492 < 1,939) dengan nilai signifikansi lebih besar dari pada 0,05 (0,039 > 0,05), Hal ini berarti berpengaruh signifikan variabel kualitas produk terhadap kepercayaan pelanggan produk Abon Sapi Salakopi, serta hasil uji F (simultan), variabel pemasaran digital dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Hasil uji F (simultan) diperoleh Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (113,450 > 3,09) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,5 (0,000 < 0,05). Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2), besarnya pengaruh variabel pemasaran digital dan kualitas produk terhadap varaibel kepercayaan pelanggan produk Abon Sapi Salakopi adalah sebesar 70,1%, sedangkan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. ABSTRACTThis study aims to investigate the influence of digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. In an increasingly advanced digital era, digital marketing has become one of the important tools in a company's marketing strategy. Product quality is also a key factor influencing consumer purchasing decisions. Therefore, this study combines the two variables to find out the extent of their influence on consumer purchasing decisions. The research method used in this study is a survey by distributing questionnaires to respondents who are potential consumers. The collected data was analyzed using regression methods to test the relationship between digital marketing variables, product quality, and consumer purchasing decisions. The results showed that digital marketing has a significant positive influence on consumer purchasing decisions. This suggests that effective digital marketing efforts can increase consumers' likelihood of purchasing products. In addition, product quality also has a significant positive influence on consumer purchasing decisions. Consumers tend to prefer products with good quality. In addition, this study also found a simultaneous influence between digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. The combination of the two can increase the likelihood of consumers to make a purchase. In other words, companies must pay attention not only to effective digital marketing strategies, but also to ensure the products offered are of adequate quality.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elecosy

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam is a journal that contains Islamic economics and finance which was formed and decided based on the results of a leadership meeting with Number: 006 / SK / Dek-FEBI / Unsur / V / 2019. El-Ecosy:Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is an academic journal ...