Jurnal PGSD Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal PGSD Indonesia

PERAN BIMBINGAN BELAJARGURU BAGI SISWA KELAS IV YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MI MA’ARIF PETET NGARGOSARI SAMIGALUH KULONPROGO

Hariyanto, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan guru dalam membimbingbelajar siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, langkah-langkah maupun strategi gurudalam membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, mengetahui faktor-faktorpenyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IV.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelasIV, guru pembantu serta kepala sekolah di MI Ma’arif Petet. Pengumpulan data dalam penelitian iniadalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakanadalah data collection, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahaandata menggunakan pengamatan yaitu dengan melakukan pengamatan untuk memenui kreadibilitasdata. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triagulasi teknil yaitu menggunakan tiga teknikpengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran bimbingan belajar gurubagi siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu meneliti penyebab kesulitan belajarsiswa, memperkirakan kemungkinan bantuan, menetapkan cara mengatasi, dan melakukan tindaklanjut. Langkah yang dilakukan maupun digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajarmatematika yaitu menentukan letak kesulitan belajar siswa, pengajaran remidial, memberikanmotivasi, memberikan pengulangan bahan materi berulang-ulang sampai siswa yang mengalamikesulitan belajar mampu diatasi. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yaitu faktorintern dan ekstern. Faktor intern yaitu, tingkat kecerdasan siswa rendah, sedangkan faktor eksternyaitu lingkungan keluarga tidak begitu memperhatikan kondisi belajar anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal PGSD Indonesia bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui artikel penelitian ilmiah yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti melalui kajian dari artikel review (meta analisis) sebagai upaya memperkaya ilmu pengetahuan di bidang ...